Orientasi Penguatan Kapasitas Tempat Pengelolaan Makanan (TPM)

PENGUATAN KAPASITAS TEMPAT PENGELOLAAN MAKANAN (TPM)

 

Dengan meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap makanan yang disediakan oleh perusahaan atau perorangan yang bergerak dalam usaha penyediaan makanan untuk kepentingan umum, haruslah terjamin kesehatan dan keselamatannya. Hal ini hanya dapat terwujud bila di tunjang dengan keadaan hygiene dan sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) yang baik dan dipelihara secara bersama oleh pengusaha dan masyarakat. Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) yang dimaksud meliputi rumah makan dan restoran, jasa boga atau catering, industri makanan, kantin, warung dan makanan jajanan dan sebagainya.

Sebagai salah satu jenis tempat pelayanan umum yang mengolah dan menyediakan makanan bagi masyarakat banyak, maka Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) memiliki potensi yang cukup besar untuk menimbulkan gangguan kesehatan atau penyakit bahkan keracunan akibat dari makanan yang dihasilkannya. Dengan demikian kualitas makanan yang dihasilkan, disajikan dan di jual oleh Tempat Pengelolaan Makanan (TPM)  harus memenuhi syarat-syarat kesehatan. Salah satu syarat kesehatan Tempat Pengolahan Makanan (TPM) yang penting dan mempengaruhi kualitas hygiene sanitasi makanan tersebut adalah faktor lokasi dan bangunan Tempat Pengelolaan Makanan (TPM). Lokasi dan bangunan yang tidak memenuhi syarat kesehatan akan memudahkan terjadinya kontaminasi makanan oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus dan parasit serta bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan resiko terhadap kesehatan.

 

Tujuan Umum Meningkatkan  pemahaman pemilik/penanggung jawab rumah makan tentang Sanitasi Tempat Pengolahan Makanan.

 

Tujuan Khusus

  1. Pemilik/penanggung jawab rumah makan dapat mengetahui persyaratan sanitasi Tempat Pengolahan Makanan.
  2. Pemilik/penanggung jawab rumah makan dapat mengurus Rekomendasi Laik Hygiene Sanitasi.

 

Sasaran kegiatan ini adalah pengusaha warung makan/Rumah makan di wilayah Kota Soe, Tetaf, Niki – Niki dan Oinlasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juli 2020.

Nelson Sula, SKM.M.MB
Author : Nelson Sula, SKM.M.MB
Sanitarian Muda pada Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan