Aplikasi  SIRPI (Sistem Informasi Persalinan) Terobosan Dinkes Kab. TTS

Aplikasi Sirpi (Sistem Informasi Persalinan)

Terobosan Data Antenatal Di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan

 

Aplikas SIRPI ini satu -satunya aplikasi hasil dedikasi sdr. Nixon Lopo, S.Kep, M.Epid yang mengambil program Pasca Sarjana di Universitas Airlangga Surabaya,  pada prodi Epidemiologi dengan Peminatan Surveilens dan Sistem Informasi Kesehatan. Dedikasi ini sangat didukung penuh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan Ibu dr. Eirene Ina Deika Ate dengan mengalokasikan anggaran untuk training aplikasi dan monitoring evaluasi SIRPI, hal ini juga gayung bersambut  Bpk. Nahad. S.E Baunsele, SKM, MPH selaku  Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Ibu Jennie Luisa Boboy, S.Tr.Keb Selaku Kepala Sie Kesga dan Gizi Masyarakat yang berperan aktif menghimbau terus menerus kepada puskesmas  untuk mengentri data SIRPI dan memanfaatkan output aplikasi SIRPI.

Berbagai cara dan upaya untuk membangun database yang informatif, update dan realtime. Aplikasi SIRPI ini dibangun untuk memenuhi data ANC by name by address. Dalam aplikasi SIRPI ini mampu memberikan laporan diantaranya : laporan Bulanan, Laporan Tafsiran, Laporan Format Ibu Hamil, Laporan Nama Ibu Hamil Baru, Laporan Ibu Bersalin, Laporan Kematian Ibu, Status Kependudukan Ibu dan laporan Kohort ( Ibu Hamil, Ibu bersalin dan Ibu Nifas).

Penerapan aplikasi ini berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana saja oleh puskesmas, kendala sinyal proveider seperti telkomsel, indosat dan XL belum menjangkau keseluruhan wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Meskipun demikian sinyal bukan sebagai kendala utama, tetapi kendala utama adalah NIAT dan KOMITMEN untuk mengentri data aplikasi SIRPI. Yang belum terjangkau sinyal di wilayah Puskesmas Noemuke, Puskesmas Lilana, Puskesmas Noebana, Puskesmas Hoibeti, Puskesmas, Puskesmas Lotas dan Puskesmas Noebeba. Strategi sementara pengentrian dilakukan di lokasi yang memiliki sinyal. Data yang masuk update per tanggal 11 Agustus 2020, pukul 11.24 wita berjumlah   ibu hamil 5089 ibu, ibu bersalin 991 ibu, ibu nifas 1143 dan ibu KB berjumlah 384 ibu.

Yang melakukan entri data di SIRPI adalah Bidan dan Pengelola SIKDA, aplikasi ini sangat mudah  diisi oleh tenaga Kesehatan lainya selama setiap elemen data terpenuhi.

Diharapkan semua bidan berkomitmen untuk mengaplikasikan SIRPI ini satu-satunya aplikasi yang ada di Kabupaten TTS yang belum ada di Provinsi NTT.

Silakan yang ingin mengakses SIRPI : pelayanan-ibu.com, dengan password di masing – masing puskesmas.

Teguh  P. Sabat,SKM,M.Kes
Author : Teguh P. Sabat,SKM,M.Kes
Jabatan Struktural Disini
Pemerhati masalah kesehatan yang aktif di Bagian Subbag Program, Pengendalian dan Pelaporan | Telah bekerja pada Dinas Kesehatan Kabupaten TTS sejak tahun 2007