Previous Next

Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam sehingga menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda dan lainnya. Bencana dapat berupa banjir, tanah longsor, gempa bumi ada pula bencana non alam seperti kebakaran dan konflik sosial antar kelompok dan teror. Meskipun demikian, dengan kemampuan mengenali gejala-gejala awal dari sebuah bencana maka manusia sudah dapat mempersiapkan diri menghadapi bencana. Persiapan antara lain persiapan sebelum terjadinya bencana, saat terjadi bencana dan setelah terjadi bencana. Artinya, kesiapan yang dilakukan oleh manusia dapat mengenali gejala awal dan tingkat resikonya.

Saat bencana terjadi, kelompok paling rentan yakni ibu hamil, ibu melahirkan, ibu menyusui, bayi, balita dan anak-anak. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan no 145/MENKES/SK/I/2007 tentang Pedoman Kebencanaan, bahwa untuk menanggulangi masalah kesehatan pada saat bencana harus di sesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi terlebih pada pemberian layanan kesehatan selama bencana alam terjadi.

Oleh karena beberapa hal terkait bencana alam yang kadang terjadi, maka Dinas Kesehatan Kabupaten TTS bekerja sama dengan IBI-Prov NTT dengan dukungan dari UNICEF akan melaksanakan pertemuan lintas sektor dalam upaya mitigasi bencana alam dan non Alam  dalam memastikan pelayanan kesehatan ibu dan anak tetap berjalan.

Tujuan Umum lokakarya mitigasi bencana dalam isue kesehatan ibu dan anak adalah secara umum adalah mitigasi bencana dalam isue kesehatan ibu dan Anak dan secara khusus bertujuan untuk dipahaminya masalah kebencanaan merupakan masalah alam dan non alam yang tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi juga pada kesehatan ibu dan anak, teridentifikasinya faktor pendukung dan penghambat pelaksansaan pelayanan kesehatna ibu dan anak saat terjadi kebencanaan dan teridentifikasinya alternatif solusi sebagai dalam strategi intervensi yang tepat untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak saat terjadi bencana .

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bahagia II SoE pada Tanggal 13 – 14 Januari 2022 dengan peserta OPD Bappeda, BPBD, P2KB, P3A, Dinsos, Camat Amanuban Tengah, Mollo Selatan, Kepala UPT Puskesmas Siso dan Niki-Niki, dan Dinas Kesehatan Kab. TTS.

    Kegiatan ini disupport oleh UNICEF dan IBI – NTT.

Nelson Sula, SKM.M.MB
Author : Nelson Sula, SKM.M.MB
Sanitarian Muda pada Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan