Previous Next

Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya, sebagai penyelenggara pembangunan kesehatan, Puskesmas Bertanggung jawab menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan maupun kelompok dan Upaya kesehatanan masyarakat yang ditinjau dari sistem kesehatan Nasional merupakan Fasilitas  Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (Depkes RI,2009). Pusat Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan Kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya Promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya (Perkesmas 75 Tahun 2014).

Expaire date (tanggal kadaluwarsa) obat dan makanan merupakan tanggal berakhir penggunaan yang aman dari produsen obat (pabrik farmasi) dan makanan yang menjamin bahwa obat/makanan dapat memberikan potensi yang aman dan optimal. Tanggal kadaluwarsa obat/makanan umumnya tertera pada label baik obat-obatan yang diresepkan, obat bebas, suplemen makanan bahkan obat-obatan herbal. Peningkatan produksi obat semakin lama semakin banyak yang diikuti dengan konsumsi masyarakat akan obat yang semakin meningkat pula. Hal tersebut didukung dengan akses dalam memperoleh obat yang semakin mudah, dimana obat-obatan selain diperoleh diapotik atau toko obat, obat-obatan juga di jual bebas di kios atau warung yang mudah dijangkau.

Dengan maraknya kasus keracunan makanan dan penjualan obat-obatan di kios atau warung, konsumen harus mewaspadai tanggal kadaluwarsa pada obat/makanan. Untuk mencegah penggunaan obat/makanan yang sudah kadaluwarsa maka dilakukannya pengawasan obat/makanan pada kios atau warung. Pengawasan obat/makanan di kios atau warung  merupakan proses yang dilakukan untuk memastikan ada tidaknya penjualan obat-obatan/produk makanan yang sudah kadaluwarsa dan obat-obatan yang diberikan harus dengan resep dokter. Selain obat, kios atau warung juga merupakan sarana yang mudah dijangkau masyarakat untuk mendapatkan makanan dan minuman. Makanan dan minuman ini tentunya sering dikonsumsi masyarakat sehingga harus dijaga keamanannya dan perlu adanya pengawasan tersebut.

Kegiatan pengawasan pada kios dan warung di suatu wilayah perlu adanya kerjasama keterlibatan antara Lintas sektor yang diantaranya adalah Dinas Kesehatan, Camat, TNI dan POLRI serta Puskesmas. Tujuan dari kegiatan ini adalah terlaksananya pembentukan Tim Pengawasan Obat dan Makanan tingkat Kecamatan Fatumnasi, adanya pembagian tugas dan tanggungjawab Tim Pengawasan Obat dan Makanan berdasarkan Surat Keputusan Camat, Terlaksananya Kegiatan Monitoring Pengawasan Obat dan Makanan di Wilayah Kerja Puskesmas Fatumnasi secara berkala.

 

Sumber : Bidang SDK Dinkes Kab. TTS

Alfreds S. Duka, SKM,M.Epid
Author : Alfreds S. Duka, SKM,M.Epid
Staf Dinkes Kab. TTS
EXCELLENT WITH MORALITY