Previous Next

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 merupakan langkah strategis nasional untuk memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia dari pandemi Virus Corona. Sejarah membuktikan bahwa wabah penyakit menular dapat dikendalikan bila sudah diberikan vaksin pada kelompok rentan.

Pemberian vaksinasi covid-19 secara nasional sudah dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal 13 Januari 2021, kemudian dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi tahap II untuk Pelayan Publik dan Kelompok Lanjut Usia (Lansia). Pencanangan vaksinasi di Kabupaten TTS telah dilaksanakan pada tanggal 03 Februari 2021 dengan sasaran Pejabat Esensial dan Tenaga Kesehatan. Vaksinasi tahap II telah dimulai sejak tanggal  20 Maret 2021 dengan sasaran Pelayan Publik dan pada hari ini kita kembali melaksanakan pencanangan pelaksanaan vaksinasi COVID 19 untuk kelompok  lanjut usia (≥ 60 tahun).

Bupati Timor Tengah Selatan  E.P.Tahun,ST,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Saya hari ini akan menerima penyuntikan pertama vaksin covid-19 di Kabupaten TTS. Hal ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman akan penggunaan vaksin bagi sasaran yang menerima vaksin COVID-19. Saya berharap kelompok sasaran lanjut usia (≥ 60 tahun) terdata secara baik untuk diberikan vaksin covid-19. kelompok sasaran ini akan discreening lagi untuk menentukan seseorang layak atau tidak diberikan vaksin COVID-19. Jika semua sasaran lanjut usia sudah mendapat vaksinasi COVID-19 makakita bisa mendapat efek terlindungi dari wabah COVID-19.

Sebagai informasi bahwa perkembangan kasus COVID-19 sampai tanggal 30 April 2021 di Kab.TTS sebanyak 615 kasus terkonfirmasi positif COVID-19. dari angka tersebut, 1 orang diantaranya sementara dirawat di RSU Prof. W.Z. Yohanes Kupang, 22 orang dalam masa Isolasi Mandiri, 582 orang dinyatakan sembuh dan 15 orang telah meninggal dunia.

Kondisi ini tidak saja berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga sektor-sektor lain seperti ekonomi, pendidikan, pariwisata dan sosial budaya. kita berharap, dengan pemberian vaksin dapat memutuskan rantai penularan dan meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat untuk melawan virus. ibarat memasukan “tentara” dalam tubuh yang akan mempersiapkan kemampuan  untuk melawan virus covid-19. Kebijakan ini perlu kita apresiasi, sebab kelompok lanjut usia adalah kelompok rentan, mereka adalah orang tua kita yang perlu kita lindungi. Harapannya agar semua kelompok lanjut usia (lansia) dapat terlayani.

Akhir kata Bupati Timor Tengah Selatan E.P.Tahun,ST,MM  sekaligus Ketua Satuan Tugas penanganan COVID-19 Kabupaten TTS, menghimbau kepada masyarakat terkait opini positif dari masyarakat untuk menerima pelaksanaan vaksinasi ini. Jauhkan pemahaman akan adanya dampak negatif terhadap pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan yakinlah bahwa pemerintah sangat serius melayani masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 yaitu tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Kegiatan vaksinasi Kelompok Lanjut Usia di RSUD SoE dilaksanakan oleh 2 (dua) tim yaitu Tim RSUD SoE dan Tim Puskesmas Fatumnasi dengan hasil vaksinasi sebanyak 182 orang lansia dari target 200 orang lansia yang berasal dari wilayah Kota SoE.

Nixon M. Lopo, S.Kep, M.Epid
Author : Nixon M. Lopo, S.Kep, M.Epid
Staf Seksi P2PM
Excellent with Morality